25 July 2006

Iklim Investasi vs ORI

Jasso Winarto, Pengamat Pasar Modal dari Sigma Research Institute, menyatakan:

Penerbitan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) oleh pemerintah bisa menggairahkan iklim investasi di dalam negeri yang kini lesu. Pemodal bisa memanfaatkan dana ke instrumen investasi dengan return bagus dan tanpa risiko.

Berbicara mengenai investasi portfolio, siapapun seharusnya tidak punya alasan untuk menyatakan iklim investasi portfolio sedang lesu, apalagi oleh seorang pengamat pasar modal. Investor di pasar finansial saat ini sedang berpesta pora meraup untung, memanfaatkan kebijakan suku bunga tinggi yang masih dianut Bank Indonesia. Angka investasi portfolio pun pada tahun 2006 meningkat tinggi, yang kemudian mendongkrak kinerja pasar modal dan pasar uang.

Kalau yang si pengamat maksud adalah iklim investasi riil seperti pembangunan pabrik, maka benar adanya bahwa investasi memang sedang lesu. Data mendukung pernyataan tersebut. Tetapi pertanyaannya, apakah penerbitan ORI ada hubungannya dengan upaya menggairahkan investasi riil? Sulit untuk mengatakan Iya.

ORI adalah bentuk investasi portfolio, tidak merepresentasikan investasi riil. Suku bunga tinggi adalah surga bagi investor portfolio, tapi neraka bagi investor sektor riil. Jika digeneralisir, kesimpulan bisa tidak konsisten dengan argumennya.

2 comments:

IRVANY IKHSAN said...

Asal muasal ORI

Waktu Andi Galib dan Prof Muladi dpt tugas dr presiden untuk melacat harta seorang mantan pejabat tinggi, oleh parlemen eropa ditolak krn indonesia waktu itu belum pny yg namanya PPATK. Sehingga untuk memenuhi permintaan tsb, maka dibikin PPATK. Akibatnya, byk nasabah bank narik uang "panas" nya dr bank, tuker dollar masuk ke save deposit box (lagian aneh, negara koruptor bikin PPATK). Pemerintah tau ini, banyak uang milyaran US di save deposit box. Maka nya dibikin ORI dgn segala kelebihannya. Tidak ditanya asal muasal. Tidak dijadikan data untuk perluasan pajak. Bunga tinggi. Maka keluarlah itu uang sedikit demi sedikit dr save deposit box. Uang yg ada di save deposit box sih kebayakan uang koruptor kelas tanggung or bandar judi, jg bandar narkoba kelas menengah. Jd nanggung kalo disimpen disingapura. Malu2in. ORI kebijakan binggung lah. Satu sisi mau apus korupsi, tp mau jd duit panas buat dongkrak pertumbuhan ekonomi (citra... citra bo).

win said...

saya baru saj atau ttg ORI ini,apakah ada jdwal dari pemerintah kpan dia akan menerbitkan ORI ini?jdwal ini bs di lihat di?klo kt mo berinvest di ORI ini gmn ya caranya?...

salam dan terima kasih,

WN